Seperti Menimba Air Dari Sumur

Saya pernah mengikuti sebuah pelajaran yang di dalamnya penulis buku Rambu-Rambu Dalam Menuntut Ilmu menyampaikan ibarat kehidupan adalah seperti seseorang yang sedang menimba air dari dalam sumur; kita bisa terus menarik tali namun tidak tahu kapan timba itu akan sampai ke mulut sumur. Maksudnya, kita bisa terus melihat umur yang sudah kita “angkat” namun kita tidak pernah tahu sampai kapan umur itu akan “naik”.Semalam saya seperti biasa melihat-lihat ke anak pertama saya yang sekarang sudah berumur 18 bulan dan saat itu adalah di waktu ia tidur. Di kesempatan itu saya melihat kepada celana panjangnya yang merupakan celana yang juga ia pakai ketika baru berumur 1 tahun (kira-kira 6 bulan yang lalu). Baru saja saya menyadari bahwa celananya yang dulu masih pas sampai ke tumitnya, sekarang “cuma” muat sampai ke betisnya. Subhanallah, Ternyata anak saya, yang berumur 18 bulan, sekarang ia sudah lebih tinggi dari 6 bulan yang lalu.

Saat itu juga saya menyadari bahwa saya sangatlah mencintai ia, anak pertama saya. Dan juga anak kedua saya yang juga sedang tidur di samping kakaknya berjarak sekitar 1 meter.

Saya bergumam di dalam hati bahwa dengan izin Allah mestilah saya akan selalu mencintai mereka walaupun apapun yang terjadi dan bahwa kenangan-kenangan yang ada sejak mereka baru lahir sampai tumbuh besar mestilah akan selalu tersimpan di ingatan saya. Subhanallah suatu hal yang alami ternyata baru saya sadari sejak menikah di bulan november tahun 2009 bahwa dari kalangan manusia, setelah Rasulullah, orangtua kita adalah yang paling mencintai kita.

Lalu saya teringat lagi dengan timba yang sedang saya angkat ke atas, wallahu a’lam sampai kapan saya bisa mengangkat timba tersebut. Sebuah perumpamaan akan umur dan kesempatan hidup di dunia yang akan kembali lagi kepada kita di hari akhir untuk kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala…

Categories: Anak dan Orang Tua, Bapak, Cinta, Kebahagiaan, Senandung Hati | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: